AFRIZALYA, PRANANDARI SANTOSO (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (460kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (603kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (840kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi Kemandirian, peran orang tua dan hasil belajar siswa, (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) Pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa, (4) Pengaruh kemandirian belajar dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan expost facto, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random
Sampling sehingga hanya 84 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan teknik komunikasi tidak langsung dan studi dokumenter, dengan angket yang telah melalui tahap uji coba setelah itu di uji
validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kemandirian belajar memiliki kecenderungan tinggi, peran orang tua memiliki kecenderungan tinggi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai
Tebelian Kabupaten Sintang termasuk pada kategori cukup dilihat dari tabel distribusi statistk dan gambar histogram. (2) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,690 > 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,808 > 0,05. (4) Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar dan peran orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika di kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang dilihat dari nilai R square pada tabel model summary yaitu 0,007 dan nilai sig pada tabel coeffcient yaitu 0,740 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 05:13 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 05:13 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1196 |