AWANDA, ERNA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUBAH. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (173kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (402kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (356kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (769kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Judul dari penelitian ini adalah Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Subah”. Fokus penelitian ini adalah untuk menemukan 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ? 2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ? 3) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif! Bentuk penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menghimpun atau menganalisis data berbagai fenomena-fenomena yang
menjadi subjek penelitian di sini peneliti memberikan pertanyaan-peratanyaan dan tes yang terstruktur kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes dan angket. Validasi
data yang digunakan adalah menggunakan SPSS versi 16 for desktop. Hasil penelitian menuajukan, bahwa gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa tidak memiliki pengaruh terhadap hasil pengerjaan siswa dalam menyelesaikan soal, karena dari penjelasan tersebut terlihat bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki peran penting bagi siswa dalam memahami penjelasan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Dengan demkian yang membuat siswa mampu menjelaskan soal denagn baik adalah pemahaman dan penguasaan materi yang dimiliki masing-masing siswa.
Kata Kunci: Analisis, Berpikir Kritis, SPLDV, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 05:12 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 05:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1185 |