Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

EKO, SAPUTRA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI EKO SAPUTRA (211810109).pdf] Text
SKRIPSI EKO SAPUTRA (211810109).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul etnomatematika berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam e-modul tersebut akan dilhat bagaimana produk awal, hasil validasi ahli, hasil uji coba, dan bagaiman produk akhir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model rancangan 4-D, namun dalam penelitian ini hanya sampai 3-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP sebanyak 15 siswa, satu orang guru matematika yang mengajar dikelas VIII B SMP dan 4 orang ahli sebagai validator istrumen penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media,
lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli etnomatematika, pedoman wawancara dan observasi, angket respon guru dan respon siswa, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian validasi E-modul etnomatematika berbasis model pembelajaran inquiry yaitu validasi media dengan nilai rata-rata dari ketiga ahli sebesar 83,09% dengan kriteria Cukup valid. Hasil penelitian validasi materi diperoleh skor rata-rata 91,67% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan Hasil penelitian validasi etnomatematika diperoleh skor rata-rata 88,98% dengan kriteria sangat valid. Yang kedua adalah hasil uji coba, dilihat dari nilai angket yang diisi guru dan seluruh siswa yang diakumulasikan sehingga diperoleh persentase sebesar 89,05% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya dari nilai hasil pengerjaan posttest siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 15 orang dengan persentase 66,67% dengan kriteria efektif dengan berpatokan pada nilai KKM sekolah yaitu 70.

Kata kunci: E-Modul, Etnomatematika, Berbasis Model Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:12
Last Modified: 01 Sep 2022 05:12
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item
View Item