Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 TUMBANG TITI KABUPATEN KETAPANG

SHELLA, RAMADHANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 TUMBANG TITI KABUPATEN KETAPANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh model pembelajaran learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang”. 1) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol dalam mata pelajaran Geograkfi kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang? 2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dalam mata pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang? 3) Apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan bentuk Quasy Eksperimental Design dan rancangan penelitian Two Group Pre-Test Post-Test Only. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang. Penentuan sampel di sesuaikan dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen adalah kelas X IPS 1 dan yang dijadikan kelas control adalah kelas X IPS 2.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar kelas kontrol karena peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar yaitu 75.50 sedangkan kelas kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 68.17. Berdasarkan hasil uji-t kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar ( 2.578 > 1.67109) dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,013 < 0,05 sehingga H_0 ditolak H_a diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning together berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Together, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:03
Last Modified: 30 Aug 2022 09:03
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item
View Item