REZZA, YUDHA PATRYA (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS E- LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 PONTIANAK KOTA. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (28kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (148kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (276kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (66kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (22kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB)
Abstract
Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah : 1)
Untuk mengetahui apa saja persiapan yang dilakukan dalam pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis E- Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota. 3) Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan metode metode pembelajaran
berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan dengan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran sejarah, waka kurikulum dan siswa. Temuan penelitian menunjukan bahwa 1) persiapan yang dilakukan dalam pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Pontianak Kota dibagi menjadi tiga
yaitu, persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah yaitu adanya kurikulum darurat atau kurikulum covid sebagai penyesuaian dengan kondisi pandemi yaitu melaksanakan pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid.
Penerapan pembelajaran e-learning yaitu dengan penggunaan aplikasi sebagai pendukung dari pembelajaran e-learning yaitu penggunaan google classroom, selain itu adanya penyusunan jadwal dan pemberian tugas. Evaluasi pembelajaran
merupakan cakupan dari keseluruhan selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung, dalam hal ini evaluasi dilakukan sebagai kegiatan penilaian siswa yang harus dicapai, penilaian tersebut dibagi menjadi 3 antara lain penilaian kognitif yaitu mengukur kemampuan atau pengetahuan siswa,
penilaian afektif yaitu mengukur dari sisi sikap atau pun perilaku siswa, dan terakhir penilaian psikomotorik yaitu mengukur dari sisi keterampilan, kreativitas siswa. Ketiga penilaian tersebut menjadi suatu hal yang penting untuk
memberikan nilai oleh guru.
Evaluasi yang dilaksanakan dalam pembelajaran sejarah berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Pontianak Kota ini yaitu menggunakan penilaian tes dan non tes. Untuk
tes secara tertulis dengan diberikan soal pada google classroom, dengan pemantauan orang tua secara langsung. 2) Penerapan guru dalam pembelajaran e-learning dengan menggunakan aplikasi google classroom pada kelas XI di
SMA Negeri 4 Pontianak Kota sudah dilaksanakan dengan tepat dan sesuai, hal ini dibuktikan dengan para guru melaksanakan langkah-langkah dengan seksama dan tersistem dengan maksud agar materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh siswa antara lain, pengiriman video pembelajaran, menghubungi siswa melalui media Google Classroom, pemberian materi berupa pdf, berkolaborasi dengan orang tua. 3) Kendala-kendala dalam pembelajaran sejarah berbasis e- learning dengan menggunakan aplikasi Google Classroom
pada kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Pontianak Kota antara lain, jaringan komunikasi dari siswa seperti susahnya sinyal, terbatasnya kuota, pengukuran penilaian afektif, dan psikomotrik dalam hal ini guru merasa kesulitan ketika
menilai dari penilaian afektif dan psikomotoriknya karena guru tidak memantau secara langsung kepada siswa, pembagian waktu dengan siswa, kurangnya motivasi dari orangtua yang diberikan kepada siswa, dan masih ada nilai dibawah standar yang ditentukan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 06:58 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1152 |