Search for collections on digilib

PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 GALING

MARITA, MARITA (2022) PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN METODE FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 GALING. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (309kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (358kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAK.pdf] Text
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (330kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan blended learning menggunakan metode flipped classroom berbantuan google classroom terhadap kemampuam pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 1 Galing. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang disaikan merupakan data statistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan desain true experimental design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 46 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes. Berdasarkan hasil uji statistik tes kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil uji t satu sampel yaitu thitung 26,2 > ttabel 1,729. Artinya terdapat peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan metode flipped classroom berbantuan google classroom. Untuk kelas kontrol kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu thitung 26,8 > ttabel 1,708. Artinya terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan modelpembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil uji t dua sampel yang menggunakan nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai uji t kemampuan pemecahan masalah thitung 1,931 > ttabel 1,671. Artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diajarkan menggunakan blended learning menggunakan metode flipped classroom lebih baik dari pada yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam materi perbadingan kelas VII SMP Negeri 1 Galing.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Blended Learning, Flipped Classroom, Google Classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:55
Last Modified: 26 Aug 2022 08:55
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item
View Item