Search for collections on digilib

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINTANG

RICHO, WAHYU RAMADHAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINTANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of ABSTRAK RICHO WAHYU RAMADHAN.pdf] Text
ABSTRAK RICHO WAHYU RAMADHAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (555kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (348kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep matematis dalam materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sintang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model 4-D, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissiminate
(Penyebaran). Yang dikembangkan oleh Thiagarajan pada tahun 1974. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran, sedangkan alat
pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi, angket (angket respon guru dan siswa) dan tes. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sintang, sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menghasilkan tingkat kevalidan sebesar 80% dengan kategori valid, tingkat kepraktisan sebesar 80,65% dengan kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan sebesar 65%
dengan kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap pemahaman konsep matematis dalam materi segiempat pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sintang tergolong valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Kata Kunci: Media Berbasis Android, Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Mipa dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:54
Last Modified: 26 Aug 2022 08:54
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item
View Item