Search for collections on digilib

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PONTIANAK

ANDRIKA, PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.

[thumbnail of RINGKASAN SKRIPSI.pdf] Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (398kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (351kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB)

Abstract

Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op di kelas VII SMP Negerti 20 Pontianak” dengan sub masalah sebagai berikut. 1). Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak ? 2)Bagaimanakah hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co�op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak? 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak ? Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur peserta didik dengan menggunakan model kooperatif tipe Co-op Co-op. Secara khusus
tujuan dalam penelitian ini adalah. 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak. 2) Untuk mengetahui hasi belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak. 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada materi menulis teks prosedur kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pre-esperimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design yaitu rancangan satu subjek. Selanjutnya yang menjadi populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak yang berjumlah 201 oramg siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dan studi documenter sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Mean dan uji-t. Sebelum menggunakan rumus uji-t dilakukan uji normalitas terlebih dahulu dengan menggunakan rumusan chi-kuadrat.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa: 1) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis teks prosedur sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Pontinak sebesar 60,96. 2) Rata-rata hasil belajar pada keterampilan menulis teks prosedur sesudah diberikan model
pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Pontianak sebesar 79,46. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas
VII SMP Negeri 20 Pontianak yang diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil = 18,3 > = 2,045.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Skripsi
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: perpus review ikip
Date Deposited: 25 Aug 2022 09:13
Last Modified: 25 Aug 2022 09:13
URI: http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1120

Actions (login required)

View Item
View Item