SHALWA, SHALWA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (404kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (330kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (634kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (478kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (404kB)
Abstract
Judul Peneltian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 2 Pontianak. Dari masalah umum tersebut dirumuskan masalah khusus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum di berikan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak?, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak?, (3) Seberapa besar
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang (1) Hasil belajar siswa sebelum di berikan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. (2) Hasil Belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap Pada Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak. (3) Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif listening team terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design. Dan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengkuran, teknik observasi langsung, dan
teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar, Lembar Observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 22 orang dengan jumlah siswa perempuan 14 orang dan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan rata-rata, uji dua sampel berpasangan (Paired t-test) dan uji t.
Hasil belajar yang didapatkan oleh peneliti adalah dengan memberikan pre-test dan post-test melalui soal uji coba berupa pilihan ganda sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif listening team. Hasil penelitian
ini adalah berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t pada taraf signifikasni α = 0,005 diperoleh > , yaitu 8,69 > 1,7208 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa setelah menggunakan
model pembelajaran kooperatif listening team.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1111 |