ERNI, ERNI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERPEN PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MUJAHIDIN PONTIANAK. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
5. RINGKASAN.pdf - Published Version
Download (65kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (116kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (202kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (484kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (155kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB)
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf - Published Version
Download (89kB)
Abstract
Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur�Unsur Pembangun Cerpen pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Sub masalah khusus dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Rata-rata hasil kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sebelum
diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak, 2) Rata-rata hasil kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sesudah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak.
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Pembangun Cerpen pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Secara khusus, penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan kejelasan mengenai: 1) Rata-rata hasil kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. 2) Rata-rata hasil kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sesudah diterapakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen siswa kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel bebas adalah pembelajaran model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Variabel terikat adalah kemampuan
menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jenis eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre�Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh.
Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak yaitu 69,83 tergolong cukup. 2) Kemampuan menganalisis unsur pembangun cerpen sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI Madrasah Aliyah Mujahidin Pontianak yaitu 78,67 tergolong baik. 3) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan uji-t test satu sampel yaitu thitung>ttabel (2,94>2,7564) . Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran jigsaw.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1094 |