YUSNANI, IKIP (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X B SMA NEGERI 1TEKARANG KABUPATEN SAMBAS. Other thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
BAB V.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB)
ABSTRAK.PDF - Accepted Version
Download (263kB)
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (373kB)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (419kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (876kB)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model
Pembelajaran Active Learning pada Siswa Kelas X B SMA Negeri 1 Tekarang
Kabupaten Sambas”. Alasan peneliti memilih materi berbicara karena nilai siswa
masih rendah khusunya materi berbicara khususnya bercerita pengalaman pribadi
dengan nilai KKM 75. Kenyataan tersebut dapat diketahui dari hasil tes yang telah
dilakukan guru, yang menunjukkan bahwa dari jumlah 24 siswa hanya 4 siswa
yang tuntas dengan persentase 16,66% sedangkan 20 siswa tidak tuntas dengan
persentase 83,33%. Hal ini terjadi pada siswa kelas X B SMA Negeri 1 Tekarang
Kabupaten Sambas pada saat mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya
pembelajaran berbicara pengalaman pribadi sesuai SK dan KD. Adapun masalah
dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimanakah proses pembelajaran
berbicara melalui model pembelajaran Active Learning pada siswa kelas X B
SMA Negeri 1 Tekarang Kabupaten Sambas?. 2) Bagaimanakah hasil
Keterampilan berbicara melalui model pembelajaran Active Learning pada siswa
kelas X B SMA Negeri 1 Tekarang Kabupaten Sambas? .
Penelitian ini bertujuan untuk umum yaitu untuk mengetahui: 1) Proses
pembelajaran berbicara melalui model pembelajaran Active Learning pada siswa
kelas X B SMA Negeri 1 Tekarang Kabupaten Sambas. 2) hasil keterampilan
berbicara melalui model pembelajaran Active Learning pada siswa kelas X B
SMA Negeri 1 Tekarang Kabupaten Sambas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilakukan di SMA Negeri
1 Tekarang Kabupaten Sambas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
B yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik pengukuran dengan menggunakan tes, teknik observasi langsung dengan
menggunakan panduan observasi, teknik komunikasi langsung dengan
menggunakan panduan wawancara, dan teknik studi dokumenter dengan
menggunakan dokumen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 03:19 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 03:19 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/108 |