AGNES, NOVITASARI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII B SMP NEGERI 01 SEKADAU HULU. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (74kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (189kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (290kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (380kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (468kB)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB)
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini apakah penggunaan media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Tujuan ini untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas VIII B materi pembelajaran interaksi antar ruang meliputi negara-negara Asean,ekonomi dan perdagangan.
Teknik analisis data yang di gunakan pada saat penelitian, Sudrajat, dkk (2014) menyatakan bahwa: “Statistik adalah kesimpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar atau table yang menggambarkan suatu persoalan dengan rumus rata-rata dan rumus analisis test Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (eksperimen desaint).
Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B SMP Negeri 1 Sekadau Hulu yang berjumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, tes tertulis dan teknik dokumentasi.
Kesimpulan kemampuan awal siswa sebelum penggunaan media gambar menunjukkan bahwa 19 siswa (62,97%) tidak memenuhi nilai KKM 75,00 dan hanya 17 siswa (37,03%) yang memenuhi nilai KKM 75,00. Sedangkan hasil belajar IPS siswa setelah diterapkan penggunaan media gambar menunjukkan 26 siswa (77,77%) memenuhi nilai KKM dan 10 siswa (22,23%).
Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Sekadau Hulu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:12 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:12 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1055 |