TRI, PUSA (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG. Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (281kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Download (306kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (337kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (633kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (9kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB)
Abstract
Skripsi berjudul: “analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dikelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang objektif tentang minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dikelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian adalah deskriptif analisisis. Penelitian menggunakan teknik dan pengumpulan data yaitu,komunikasi langsung dengan pedoman wawancara, teknik observasi langsung dengan alat pengumpul pedoman observasi dan teknik observasi dengan alat pengumpul dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian mengenai minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dikelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang sudah berjalan dengan baik. Sedangkan secara khusus dalam setiap fokus penelitian adalah sebagai berikut: 1) Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten
Bengkayang sudah baik dapat dilihat dari: a) sebagian siswa menyukai pelajaran IPS terpadu dan senang diskusi di kelas, b) tidak semua siswa aktif bertanya maupun memberikan jawaban serta selalu mengerjakan tugas dengan baik, c) tidak
semua memberikan perhatian saat pembelajaran, d) mengerjakan tugas secara kelompok, f) siswa memiliki tanggungjawab yang tinggi dalam mengerjakan tugas. 2) Kendala Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang dapat dilihat dari: a) adanya
keterbatasan buku sumber dalam belajar menyebakan siswa kurang dalam membaca, b) adanya kebiasaan belajar yang kurang baik serta kurang disiplin dan suka mengobrol, d) kurangnya kemauan dan keinginan siswa yang kurang dalam
belajar, e) Prasarana dan sarana pembelajaran belum mencukupi seperti buku minim, media pembelajaran, f) Lingkungan sosial siswa di sekolah yang negatif. 3) Guru Mengatasi Kendala Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang sudah dilakukan guru dengan baik dapat dilihat dari: a) guru menjelaskan tujuan belajar ke siswa, b)
Memberikan hadiah, c) memberikan suasana persaingan/kompetisi antar siswa, d) Memberi pujian siswa, e) memberikan hukuman yang sifatnya mendidik, f) membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar, g) membentuk kebiasaan belajar yang baik, h) membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok, i) menggunakan metode yang bervariasi, j) menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Pengetahuan Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 09:08 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 09:08 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1038 |