NOVA, VERLIANA THOMAS (2022) PANDEMI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 KEMBAYAN". Diploma thesis, IKIP PGRI PONTIANAK.
RINGKASAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (209kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (253kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (306kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (525kB)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Survei Penggunaan Media Pembelajaran Guru Pasca Pandemi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan”. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru pasca pandemi pada motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan? Bagaimanakah rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII terhadap penggunaan media pembelajaran guru
pasca pandemi di SMP Negeri 2 Kembayan? Dan Apakah terdapat hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran guru dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Kembayan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran sedangkan variabel terikat ialah motivasi belajar.
Metode yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan bentuk penelitian ini ialah Studi Korelasi yang menggunakan pendekatan survei. Populasi berjumlah 65 orang dan sampel di dalam penelitian ini berjumlah 65 orang dari jumlah keseluruhan populasi. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling total dikarenakan jumlah responden dibawah 100.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan diperoleh persentase sebesar 72,25% kategori “baik”, Adapun perolehan persentase perindikator sebesar 71,54% pada indikator penggunaan, pada indikator kesesuaian diperoleh persentase sebesar 72,21%, dan persentase pada indikator manfaat diperoleh sebesar 72,82%. (2) Rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan sebesar 78,97 kategori “sangat baik", pada indikator internal diperoleh persentase sebesar 75,68% dan pada indikator eksternal diperoleh persentase sebesar 81,70%. (3) Terdapat hubungan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan
dengan dengan taraf siginifikasi >0,05 dan diperoleh rhitung sebesar 0,304 dengan sig (0,014 >0,05) maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan sig 0,000<0,05 Hipotesis Nol (Ho) ditolak.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran dengan motivasi belajar kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil data penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kembayan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Skripsi |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | perpus review ikip |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 09:07 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 09:07 |
URI: | http://digilib.upgripnk.ac.id/id/eprint/1021 |